Cara Mudah Menghitung Biaya Operasional Hotel Bintang 4


Malam ini ketika saya stay di sebuah hotel bintang 4 yang sedang mengadakan promo dengan harga Rp. 310.000,nett melalui sebuah aplikasi OTA (Online TravelAgent). Iseng-iseng saya mencoba menghitung berapa estimasi biaya yang dikeluarkan oleh pihak hotel dan estimasi profit (keuntungan) yang bisa didapat.

Komponen yang pertama saya hitung adalah komisi untuk travel agent. Setahu saya, komisi OTA ini
berkisar 10% - 20% dari harga kamar yang dibayar oleh tamu. Dalam hal ini saya ambil 15% saja. Jadi komisi yang harus dikeluarkan oleh hotel dengan harga Rp. 310.000,nett adalah Rp. 46.500,-.

Harga kamar : 310.000
Komisi OTA:            310.000 x 15%    =  46.500
Harga pokok:            310.000 - 46.500 = 263.500

Dari harga 263.500 ini dikeluarkan lagi service & tax sebesar 21% maka revenue (penerimaan/pendapatan) yang diterima oleh pihak hotel adalah 217.768 rupiah.



Dari sinilah saya coba berhitung kira-kira berapa profit hotel setelah dikurangi biaya-biaya yang dikeluarkan. Dengan informasi yang saya dapat dari seorang teman pula, biaya kamar dalam satu kali set-up adalah sekitar 125.000 hingga 200.000 untuk hotel bintang 4. Itu sudah termasuk biaya oerhead seperti perkiraan gaji dan laundry.

Biaya diatas hanyalah untuk perhitungan kamar saja tidak termasuk makan pagi atau paket lain. kebetulan saya hanya ambil paket Room Only, maka tidak ada biaya untuk makan pagi disini.

Jika saya asumsikan biaya operasional kamar ini dengan fasilitas yang ada disini, mungkin sekitar 150.000 maka keuntungan hotel adalah: 217.768 - 150.000 = 67.768.

Wow!

Kaget juga saya. Bagaimana dengan biaya overhead lain seperti divisi keuangan, pemeliharaan, restoran, dan pemasaran?

Hehehe, namanya juga harga promo. Lagian ini kan tidak berlaku untuk semua kamar... Perkiraan saya ini digunakan sebagai teknik saat low occupancy atau demand menurun agar biaya operasional tertutup. Sedangkan keuntungan diambil saat harga normal terutama saat weekend, musim liburan atau momen-momen tertentu yang sudah diperhitungkan oleh manajemen hotel.

Mulai ribet ya ketika sudah mulai masuk yang namanya itung-itungan. Namanya juga iseng. Sesekali aja mikirnya...

Have a nice weekend...